Berita Terbaru di Tahun 2019

Tuesday, January 1, 2019

Mentimun Bisa Mengatasi Mata Bengkak dan Kulit Kusam


Beberapa tanda masalah di kulit bisa di atasi dengan bahan alami. Mentimun jadi salah satu sayuran yang punya segudang manfaat untuk kulit. Apa saja ya?

Mentimun yang mengandung vitamin dan mineral ini ternyata mengandung 96 persen air. Kandungan air yang tinggi dapat membantu untuk mengatur keseimbangan air di dalam tubuh. Selain itu, mentimun juga mengandung serat yang sangat penting untuk menjaga berat badan.

Ahli Gizi Makrobiotik sekaligus Praktisi Kesehatan, Shilpa Arora mengatakan,"Mentimun merupakan sumber silika yang sangat baik sebagai mineral kecantikan. Minum jus mentimun dapat membuat kulit lebih sehat." Hal ini dikarenakan tingkat antioksidan yang tinggi sehingga dapat kurangi peradangan.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan wajah dari mentimun.

1. Mengurangi lingkar hitam pada mata
Menaruh irisan mentimun di mata tidak hanya akan menyegarkan mata, tapi juga mengurangi lingkar hitam di bawah mata. Mentimun mengandung silika, yakni senyawa yang membantu memutihkan lingkaran hitam. Selain itu, tentunya Anda perlu mengikuti pola makan yang sehat serta tidur cukup.

Anda bisa meletakkan mentimun yang sudah diparut dan dioleskan pada lingkatan mata yang hitam. Diamkan selama 8-10 menut. Bilas dengan menggunakan air dingin.

2. Kulit yang kecokelatan
Mentimun dapat membantu menenangkan kulit yang terkena sinar matahari. Efek dari terbakarnya sinar matahari adalah kulit yang berwarna kecokelatan. Mentimun dianggap sangat efektif untuk mengurangi kulit dan iritasi.

Jika hal ini terjadi, Anda bisa mencampurkan jus mentimun dengan air mawar yang berfungsi sebagai pendingin untuk menenangkan kulit yang terbakar. Agar lebih efektif, Anda bisa mengambil satu sendok makan jus mentimun, lemon dan air mawar yang diaduk hingga rata. Kemudian dibalurkan ke seluruh wajah selama 10 menit dan cuci dengan air dingin.

3. Mengurangi pembengkakan mata
Mata Anda bisa membengkak karena berbagai alasan. Kurang tidur dan stres bisa membuat terjadinya pembengkakan pada mata. Yang Anda butuhkan adalah sesuatu yang berefek sebagai pendingin mata. Caranya adalah dengan menempatkan potongan mentimun dingin di mata selama 10-15 menit. Ini jadi cara terbaik untuk mengempiskan bengkak di bawah mata.

4. Atasi kulit kusam
Panas yang menyengat dan polusi membuat kulit Anda lelah dan kusam. Mentimun dapat atasi kulit wajah yang kusan dan meremajakannya kembali. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki sifat anti peradangan dan juga berfungsi sebagai astringent ringan yang membantu mengurangi iritasi kulit ringan.

Campurkan satu bagian jus mentimun dengan satu sendok teh jus lemon. Balurkan campuran ini pada wajah setiap hari. Biarkan selama 10 menit dan gunakan handuk basah untuk meringkan serta membersihkan kulit Anda.

5. Segarkan kulit wajah
Mencuci wajah setiap hari dengan air mentimun adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya bintik hitam di wajah. Bersifat anti inflamasi membuat kulit lebih tenang, bercahaya dan bebas noda. Campurkan satu sendok makan oatmeal dan pure mentimun kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Cuci muka dengan air dingin.

0 comments:

Post a Comment