Berita Terbaru di Tahun 2019

Tuesday, January 29, 2019

Apakah Pakai Body Lotion di Wajah termasuk Solusi Kulit Kering?



Keadaan yang mendesak bisa memunculkan ide-ide kreatif yang sebelumnya tidak terpikir. Salah satunya adalah pakai body lotion di wajah saat pelembap yang telah digunakan tidak juga membuahkan hasil yang diharapkan. Terlebih lagi ketika cuaca dingin menerpa yang membuat kondisi kulit lebih kering. Meski begitu, hal tersebut bisa menjadi solusi untuk kulit kering Anda?
  
Kondisi Kulit Wajah vs Kulit Tubuh

Seluruh lapisan kulit di seluruh tubuh sejatinya dilindungi oleh kelenjar lemak yang bertugas melembapkan tubuh. Namun perbedaannya di sini adalah kelenjar lemak yang terdapat pada kulit tubuh tidak sebanyak kelenjar lemak yang terdapat pada kulit wajah. Jadi kulit wajah mempunyai tingkat kelembapan yang lebih bagus.

Kelenjar lemak di wajah sendiri menghasilkan sebum yang bertugas melembapkan kulit serta menghalau bakteri jahat serta kotoran yang menempel. Meski begitu, produksi minyak pada kulit wajah ini juga dibarengi dengan tingginya risiko kerusakan kulit apabila tidak dirawat dengan baik dan benar. 

Selain tingkat kelembapan, kulit tubuh serta kulit wajah mempunyai perbedaan yang signifikan pada tingkat ketebalan yang dimilikinya. Jika kulit tubuh mempunyai tebal sekitar 0,6 mm, maka kulit wajah hanya mempunyai tebal sekitar 0,2 mm saja. Hal ini juga yang membuatnya menjadi kulit yang sensitif sehingga harus benar-benar teliti dalam memilih produk. 

Perbedaan Produk Kulit Wajah dan Tubuh 

Produk perawatan yang cenderung kompleks dan berat dibuat untuk mengatasi masalah kulit tubuh yang cenderung mudah kering dan memiliki ukuran pori-pori yang cukup tebal. Sedangkan produk perawatan yang ringan dan lembut dibuat untuk menjaga kulit wajah yang sensitif dan memiliki pori-pori tipis.

Di samping itu, kulit wajah yang sering terkena paparan sinar matahari membuat produk perawatannya pun memiliki kandungan SPF yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk perawatan kulit tubuh.  

Akibat Pakai Body Lotion di Wajah

Lantas jika kulit wajah benar-benar kering, apakah penggunaan body lotion dibenarkan dan tidak menimbulkan dampak berarti? Nah, berikut ini beberapa efek yang timbul jika Anda menggunakan body lotion pada wajah. 

Pertama tersumbatnya pori. Perbedaan tebal pori antara kulit tubuh dan kulit wajah membuat produk perawatannya pun berbeda. Jika Anda mengaplikasikan body lotion pada wajah maka produk tersebut justru akan menyumbat pori wajah. Jika hal itu terjadi, maka risiko timbulnya jerawat pun semakin besar.

Selanjutnya, produk body lotion yang umumnya mengandung pewarna sekaligus pewangi bisa menimbulkan reaksi alergi atau gatal-gatal bagi sebagian orang. Jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini bisa memicu timbulnya kerusakan kulit lainnya seperti munculnya flek hitam. 

Pakai body lotion di wajah sebaiknya segera Anda hilangkan dari daftar cara mengatasi kulit kering yang melanda. Pakailah produk yang sesuai agar kulit wajah Anda senantiasa sehat dan terawatt. Jika Anda ingin mengetahui informasi seputar kecantikan dan kesehatan lainnya, silahkan kunjungi orami.co.id. Anda pun bisa berbagi pengalaman dengan ribuan wanita lainnya.

0 comments:

Post a Comment