Berita Terbaru di Tahun 2019

Sunday, January 20, 2019

Perbandingan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza




Tahun 2017 lalu, Mitsubishi mengeluarkan model MPV terbaru yang akan menyaingi Avanza, Sang Raja MPV yang telah berkuasa bertahun-tahun bersama Xenia. Melihat desainnya yang gagah dan kekar, tak heran banyak sekali yang berspekulasi bahwa mobil ini akan mengalahkan Avanza dengan desain gagahnya. Namun apakah sebenarnya yang membedakan keduanya? Mengingat harga Xpander dan Avanza yang tidak jauh beda.

Tentu banyak hal yang membedakan keduanya walaupun harganya tidak jauh berbeda. Jika dibandingkan, Mitsubishi ini secara desain luar nampak lebih kokoh dan berotot dengan fender di sampingnya. Namun Avanza masih setia dengan desain elegan ala MPV yang ditawarkan. Namun tentu saja, untuk yang tipe All New Avanza, ada perbedaan yang mencolok pada bagian depan dan belakang mobil.

Perbedaan kedua mobil ini cukup mencolok sebenarnya jika dilihat lebih dekat. Untuk mengulik lebih jauh tentang kedua mobil ini, mari kita lihat perbandingan keduanya.

Perbandingan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza
Kedua mobil ini sekarang sudah sangat populer di Indonesia. Oleh karena itu, akan sangat menarik jika kita mengulas lebih jauh tentang perbandingan keduanya sabagai MPV populer di Indonesia. Berikut uraian lengkapnya.

  1. Varian dan Harga
Varian dan harga di sini sangat penting, karena dua poin ini membantu masyarakat untuk dapat memilih berbagai opsi sesuai dana yang dimiliki. Avanza memiliki varian dan harga yang lebih banyak dibandingkan pendatangnya, yaitu Xpander ini. Xpander sendiri memilih untuk membatasi pilihan transmisi dan menghadirkan satu jenis mesin saja.  Avanza disemua tipe ada transmisi otomatis dan manualnya. Sedangkan Xpander hanya di tipe exceed saja.

  1. Desain Eksterior
Meskipun harga Xpander dan Avanza tidak jauh berbeda, namun tampilah Xpander ini sangat menarik dan harus diakui lebih sporty. Lihat saja lampu depan yang tajam dan sedikit ke atas. Lalu lampu kabut yang besar, dan sisi sampingnya terlihat kokoh. Berbeda dengan Avanza yang masih menggunakan desain sederhana ala MPV. Mungkin nanti Avanza akan menghadirkan type facelift untuk memperbaiki tampilan.

  1. Ukuran
Dari segi ukuran, Xpander ini berdimensi lebih panjang 28.5 cm dan lebih lebar 9 cm. Dengan dimensi yang besar ini, tentu berpengaruh pada ukuran dalam kabin yang lebih luas. Namun Avanza diuntungkan dalam segi maneuver yang lebih lincah, mobil ini lebih mudah jika harus putar balik. Dimensi juga berpengaruh pada wheelbase, radius putas Xpander seKitar 5,2 meter, sedangkan Avanza 4,7 meter.

  1. Mesin
Dari segi mesin, kedua mobil ini datang dengan kapasitas mesin yang sama yaitu 1.5 liter, kecuali Avanza yang versi 1.3 liter, namun bobot Avanza lebih ringan. Untuk masalah torsi, Xpander ini unggul dengan 141 Nm, melawan Avanza 136 Nm. Ini menunjukan Xpander akan lebih kuat jika digunakan di tanjakan. Transmisi otomatis Xpander juga lebih halus.

  1. Penggerak Roda Depan dan Belakang
Jika perbandinganya dari sisi ini, jelas Avanza terkenal dengan penggerak roda belakangnya yang kuat untuk mendorong beban berat dan lancar di tanjakan. Xpander sendiri menggunakan penggerak roda depan, namun torsi Xpander lebih besar yaitu 141 Nm jadi tidak masalah jika diajak menanjak jalur tinggi.

Itulah perbandingan varian dan harga Xpander Avanza yang perlu Anda ketahui. Mana yang lebih baik? Semua tentu tergantung kebutuhan Anda, keduanya sama-sama bagus. Akan tetapi, jika Anda menghendaki mobil ini untuk mobil keluarga, maka Xpander bisa menjadi pilihan tepatnya.


0 comments:

Post a Comment