Berita Terbaru di Tahun 2019

Wednesday, February 20, 2019

Begini Tahap Pertumbuhan Bayi pada Usia 0-6 Bulan


Tahap perkembangan anak memang penuh suka cita. Sebagai orang tua, Anda wajib mengetahui tahapan perkembangan dan juga pertumbuhan bayi pada masa-masa awal perkembangannya. Nah, berikut ulasan mengenai tahap pertumbuhan bayi dan perkembangannya pada usia 0 sampai 6 bulan. Yuk, simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Bayi Baru Lahir Umur 1 Bulan

Bayi dengan usia ini biasanya memiliki berat badan 2,5 sampai 4,3 kg dan panjang badan 46 sampai 55 cm. Pada tahap ini, bayi mengalami berbagai pertumbuhan dan juga perkembangan seperti dapat berekspresi dengan suara seperti tangisan, geraman, dan kicauan kecil untuk berkomunikasi. 

Dari tahap pendengaran, bayi sudah bisa berpaling mencari arah suara dan merespons saat mendengarkan tepukan tangan. Dari sisi penglihatan, penglihatan bayi masih kabur, namun akan berangsur jelas dan semakin tajam fokusnya. Jarak pandang bayi satu bulan hanya sekitar 30 cm, bayi juga mulai bisa mengikuti pergerakan objek dengan menggerakkan kepala dan mata.

2. Bayi Usia 2 Bulan

Bayi pada usia ini biasanya sudah dapat meraih dan juga memegang objek dalam waktu yang singkat, serta dapat berguling ke satu arah. Selain itu, bayi juga dapat belajar menegakkan kepalanya untuk beberapa saat. Gerak refleks pada bayi mulai berkurang, sehingga dia bisa mulai bisa menendang-nendang dengan kaki mungilnya.

3. Bayi Usia 3 Bulan

Pada usia 3 bulan, bayi bisa meregangkan tangan dan kaki, serta dapat memegang benda lebih lama. Kedua mata bayi mulai bisa mengamati benda yang bergerak. Dia pun bisa mulai mengoceh, dan mengangkat kepala dan dadanya walau belum terlalu kuat dan seimbang. Selain itu, koordinasi antara tangan dan matanya sudah mulai membaik.

4. Bayi Usia 4 Bulan

Pada usia empat bulan, kemampuan panca idera bayi mulai berkembang. Bayi sudah bisa berdiir dan menahan beban dengan bantuan. Dia juga bisa duduk dengan tangan disangga. Selain itu, bayi juga bisa meraih benda terdekat di sekitarnya. Dia juga suka mengulang suatu perilaku karena tertarik atau senang dengan respon lingkungan sekitar.

Penglihatan bayi pun jauh lebih berkembang jika dibandingkan dengan bulan pertamanya. Dia mulai bisa melihat sekeliling ruangan. Akan tetapi, bayi usia empat bulan masih suka melihat benda berjarak dekat. 

5. Bayi Usia 5 Bulan

Di usia 5 bulan, bayi sudah makin pintar. Bayi biasanya sudah mulai berguling salah satu isi tubuh. Dia juga sudah mulai bisa meraih kaki dan jari kaki, serta memindahkan benda dari tangan ke tangan. Dia juga dapat menyesuaikan gerakan tubuh dengan ukuran dan jarak suatu benda.

Bayi juga bisa sudah bisa melihat seluruh objek, baik benda kecil maupun benda yang bergerak.. dia juga akan mulai lebih sering berinteraksi dengan mengeluarkan suara dan tawa. Biasanya, bayi usia ini senang bermain cilukba dan akan merespons dengan kegirangan. 

6. Bayi Usia 6 Bulan 

Pada usia setengah tahun ini, kepala bayi mulai tegak dan dia bisa mulai duduk tegak tanpa bantuan dari orang dewasa. Dia juga sudah mulai bisa merangkak, menggulingkan badan, baik ke kiri ataupun ke kanan. Dia juga bisa mengunyah makanan. Pemahaman bayi terhadap dunia pun bertambah dan pertumbuhan bayi pada usia ini bisa dibilang meningkat signifikan.

Nah, itu dia ulasan mengenai tahap pertumbuhan bayi dan perkembangannya yang patut Anda ketahui. Ada baiknya Anda mengonsultasikan seluruh pertumbuhan dan perkembangan bayi pada dokter anak jika ada hal-hal yang berpengaruh pada kesehatan anak. Minta saran juga pada dokter yang bersangkutan untuk tumbuh kembang bayi yang optimal.

0 comments:

Post a Comment