Berita Terbaru di Tahun 2019

Monday, March 11, 2019

Tempat Sewa Rumah di Bandung untuk Mahasiswa



Menyewa sebuah rumah untuk aktivitas sebagai mahasiswa memang tidak bisa dikatakan mudah. Biasanya mahasiswa cenderung belum bisa memahami serta mengerti bagaimana untuk merawat rumah agar layak untuk dihuni. Setidaknya ketika sudah menetapkan pilihan untuk menyewakan rumah kepada mahasiswa  para pemilik rumah yang disewakan harus mempertimbangkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Padatnya aktivitas sebagai mahasiswa bisa dikatakan keadaan rumah tidak sepenuhnya terawat. Apalagi jika yang menyewa rumah dengan aktivitas padat sebagai aktivis kampus yang tiada duanya. Oleh sebab itu tidak semua rumah yang kosong digunakan sebagai tempat beristirahat dari padatnya aktivitas kampus.

Memang boleh dikatakan bahwa mahasiswa biasanya memiliki budget terbatas untuk menyewa sebuah rumah. Kebanyakan mahasiswa sebenarnya lebih memilih untuk tinggal di sebuah rumah kos dengan harga yang cukup terjangkau. Akan tetapi tidak jarang juga lebih memilih untuk menyewa sebuah rumah tinggal untuk ditinggali secara bersama-sama. Bandung merupakan kota yang memiliki beberapa perguruan tinggi yang cukup besar. Otomatis memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Banyaknya jumlah mahasiswa inilah yang berpotensi untuk lahan bisnis baru selain kos-kosan. Sewa rumah di Bandung untuk kalangan mahasiswa yang notabene banyak dari kalangan perantauan memang menjadi salah satu lahan bisnis potensial yang bisa digarap oleh orang-orang yang ada di Bandung. Meskipun boleh dikatakan jumlahnya cukup banyak, namun peminatnya tidak kalah banyak juga.

Biasanya ada beberapa persyaratan lokasi rumah yang bisa dijadikan untuk persewaan bagi kalangan mahasiswa. Persyaratan mutlak yang tidak bisa ditawar lagi adalah lokasi rumah jelas di kawasan terdekat dengan kampus. Pemilihan lokasi ini sama sekali tidak bisa ditawar. Sebab jika ingin menjaring mahasiswa sebagai kalangan yang akan menyewa rumah, apabila lokasinya cukup jauh dari kawasan kampus, bukan tidak mungkin rumah yang anda sewakan tidak akan laku untuk disewakan. Investasikan sedikit dana anda untuk membeli rumah yang lokasinya cukup dekat dengan kampus. Minimal cukup dekat dengan fasilitas yang ada di kampus. Misalnya perpustakaan ataupun yang lainnya.

Syarat berikutnya adalah kondisi rumah. Rumah yang disewakan harus dalam kondisi yang baik. Fasilitas yang ditawarkan juga harus sangat lengkap. Jangan sampai anda menawarkan kepada mahasiswa akan tetapi fasilitas rumah yang anda tawarkan tidak sesuai. Jangan sampai hanya karena memburu agar sangat terjangkau dengan kantong mahasiswa, kemudian mengabaikan kondisi rumah. Seperti kotor ataupun atap rumah yang bocor. Apabila demikian maka jangan heran jika rumah yang anda sewakan mudah ditinggalkan oleh penghuninya. Jangan sampai kerusakan rumah ini akan mengganggu konsentrasi mahasiswa ketika belajar ataupun mengerjakan tugas kuliah. Jadi pastikan bahwa rumah yang anda sewakan minimal bebas dari masalah yang mengurangi kenyamanan dari rumah kontrakan untuk kalangan mahasiswa.

Agar rumah yang anda sewakan senantiasa dalam kondisi yang baik, maka sebaiknya anda menetapkan sedikit aturan kepada penyewa. Aturan ini setidaknya akan mengamankan penyewa dari keterlibatan masalah yang cukup berat. Misalnya kerusakan rumah yang terlalu parah. Ada baiknya aturan yang anda tetapkan sebaiknya jangan terlalu menyusahkan phak penyewa. Sebab jika terlalu menyusahkan dan memberatkan pihak penyewa maka rumah tersebut tidak akan memiliki penyewa. Aturan yang dibuat memiliki tujuan untuk memberitahukan bahwa rumah anda harus dirawat dengan baik agar belajar bagi mahasiswa tidak terganggu dengan kondisi rumah.

Apabila anda ingin menyaring penyewa juga tidak masalah. Misalnya anda hanya ingin penyewa dari kaum laki-laki saja atau perempuan saja. Tujuannya agar rumah yang anda sewakan terawat dan tidak digunakan untuk hal yang negatif yang tentunya akan merusak reputasi anda sebagai pemilik rumah. Selain itu di lingkungan juga pihak penyewa juga lebih aman dari berbagai godaan yang akan menimpa ketika berada di lingkungan sekitar. Seperti misalnya dari prasangka yang diberikan oleh warga sekitar terhadap penyewa yang notabene adalah mahasiswa. Kemudian tidak ada salahnya juga jika anda membuat surat perjanjian sewa rumah dengan tujuan untuk mengamankan rumah anda dari berbagai hal yang sama sekali tidak diinginkan. Terutama perihal kerusakan yang cukup parah.

Menyewakan rumah untuk kalangan mahasiswa memang tidak bisa dikatakan mudah. Sebab biasanya kalangan mahasiswa yang umumnya perantauan adalah tidak memiliki keinginan untuk merawat rumah dengan baik. Seperti misalnya jika ingin menyewakan rumah untuk mahasiswa ada baiknya jika anda menyempatkan diri juga untuk meneliti serta menyaring dengan baik bagaimana penyewa serta bagaimana komitmen penyewa terhadap rumah yang disewanya. Jangan sampai rumah yang anda sewakan menjadi terbengkalai rusak karena tidak dirawat dengan baik. Selain itu catat saja apa yang diperlukan dalam mengamankan rumah anda  sekaligus membuat penyewa juga merasa nyaman saat tinggal di rumah yang anda sewakan tersebut.


0 comments:

Post a Comment