Berita Terbaru di Tahun 2019

Thursday, April 11, 2019

Cara Mudah Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini



Sesaat setelah lulus kuliah, biasanya Anda memutuskan untuk bekerja agar mendapatkan penghasilan dan tidak lagi merepotkan orang tua. Penghasilan ini nantinya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sisanya bisa diberikan kepada orang tua maupun disishkan untuk modal usaha. Memiliki penghasilan sendiri memang sangat menyenangkan, Anda bisa membeli barang apapun yang Anda suka, juga bisa berinvestasi untuk jangka panjang.

Bekerja pada saat usia masih muda sangat memungkinkan untuk bekerja lebih keras agar mendapatkan penghasilan lebih. Penghasilan ini nantinya dapat Anda alokasikan untuk tabungan berjangka dan tabungan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan, Anda bisa menabung untuk bisa travelling keluar negeri bersama teman-teman kantor Anda. Selain itu, jika ada penghasilan lebih Anda bisa menggunakannya sebagai modal usaha.

Namun, meskipun Anda memiliki penghasilan yang besar, bukan berarti Anda bisa berfoya-foya. Jangan merasa tabungan sudah banyak, lalu Anda dengan seenaknya berhenti menabung dan menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Menabung harus dilakukan secara konsisten agar hasil yang didapatkan dapat Anda nikmati di masa mendatang nanti. Untuk itu, hindarilah gaya hidup berlebih demi masa depan yang cerah.

Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Anda sebaiknya mempertimbangkan keuangan untuk masa depan Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu dana pensiun. Setiap perusahaan biasanya memberikan dana pension untuk para pegawainya, namun itu pun biasanya tidak diberikan 100%. Bagi Anda yang bekerja sebagai wirausaha atau pekerja lepas, maka Anda harus menyiasati strategi untuk mempersiapkan dana pensiun Anda. 

Dengan begitu banyaknya pengeluaran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, maka tak jarang Anda mengalami kebingungan bagaimana caranya mempersiapkan dana untuk bekal pensiun. 

Anda pasti tidak menginginkan jika harus banting tulang di usia senja sementara stamina sudah tidak seprima dulu. Maka dari itu, agar Anda tidak bingung, berikut ini adalah beberapa cara mudah mempersiapkan dana pension sejak dini.

1. Memiliki tabungan berjangka
Tabungan berjangka bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih untuk mempersiapkan dana pensiun agar masa tua Anda menjadi lebih tenang. Tabungan berjangka ini memiliki sistem auto debit yang artinya setiap bulan nya uang yang Anda miliki pada tabungan akan ditarik secara otomatis oleh pihak bank tempat Anda terdaftar sebagai nasabah tabungan berjangka. 

Sebagai contoh, Zakki mengikuti program tabungan berjangka di salah satu bank swasta dengan uang sebesar 1 juta rupiah dalam jangka waktu 15 tahun. Penarikan akan dilakukan setiap tanggal 1 sesuai dengan yang telah disepakati dengan pihak bank tadi, sehingga uang Zakki akan berkurang secara otomatis setiap tanggal 1 dan selama 15 tahun untuk dipindahkan kerekening tabungan berjangka.

2. Investasi emas batangan
Selain mengikuti program tabungan berjangka, berinvestasi pada emas batangan juga menjadi salah satu pilihan yang sering dilakukan oleh mereka yang sedang menyiapkan dana pensiun. Harga emas setiap tahunnya akan mengalami kenaikan. Selain itu, harga emas juga cenderung stabil karena tidak  mengalami inflasi seperti mata uang kertas.

Karena itu, investasi emas batangan dapat dikatakan sebagai investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Disarankan tidak membeli secara kredit agar terhindar dari risiko gagal bayar. Jika Anda memiliki uang lebih, maka sebaiknya belilah secara tunai atau mengikuti program Tabungan Emas yang ada di Pegadaian.

3. Deposito
Deposito adalah salah satu sarana investasi yang memiliki risiko aman dan rendah terhadap fluktuasi suku bunga. Jika Anda melakukan deposito, maka uang Anda tidak hanya aman, tetapi juga dapat menghasilkan suku bunga yang terbilang cukup besar.

Namun, untuk besaran suku bunga nya tergantung dari jangka waktu yang Anda pilih. Deposito memiliki fitur automatic roll over, sehingga deposito Anda akan diperpanjang secara otomatis. 

4. Mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan
Selain ketiga cara diatas, BPJS Ketenagakerjaan juga bisa menjadi sarana untuk memersiapkan dana pension Anda. BPJS Ketenagakerjaan memiliki salah satu program yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) yang bisa dijadikan simpanan untuk masa tua nanti.

Cara kerjanya yaitu penghasilan Anda setiap bulannya akan dipotong oleh perusahaan untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

5. Mengalokasikan Dana pensiun
Jika Anda tidak ingin ribet berinvestasi menggunakan emas berjangka atau yang lainnya, maka solusi ini bisa menjadi altenatif lain untuk bekal masa tua Anda. Misalnya, Anda bisa menabung 350 ribu rupiah per bulannya. Anda bisa menyimpan uang ini sendiri di rumah atau jika ingin lebih aman Anda bisa menyimpannya di bank.Tidak seperti bank berjangka, Anda bisa menentukan sendiri jangka waktunya, misalnya selama 30 tahun.

Bayangkan saja, semisal usia Anda saat ini 25 tahun dan 30 tahun mendatang Anda sudah mengantongi 126 juta rupiah untuk dana pension Anda. Sebagian uang ini bisa Anda gunakan untuk modal usaha jika ingin mendapatkan dana pensiun lebih.

6. Memiliki Pekerjaan Sampingan
Pekerjaan sampingan dapat menjadi solusi lain untuk dana pensiun tambahan Anda. Simpan sebagian penghasilan Anda untuk dana pensiun, dan sebagian lagi untuk kebutuhan sehari-hari.

Demikianlah beberapa cara mudah mempersiapkan dana pension sejak dini. Apabila berencana membuka usaha sebagai salah satu bentuk persiapan dana pensiun, Anda bisa memanfaatkan modal usaha yang ditawarkan oleh situs https://www.cekaja.com/small-business-banking

1 comment: