Berita Terbaru di Tahun 2019

Saturday, April 6, 2019

Hati-Hati Memilih Bengkel Agar Tidak Rugi



Memilih bengkel untuk perbaikan kendaraan kesayangan tidak boleh sembarangan. Gak mau kan perawatan yang sudah dilakukan dengan optimal justru dirusak oleh bengkel abal-abal yang kinerjanya rendah? Bukannya menghemat uang, malah kantong kita terkuras untuk perbaikan bagian-bagian yang sebenarnya tidak perlu. Berikut tips agar kamu terhindar dari kerugian dan salah pilih bengkel :

1. Pilih bengkel yang ramai
Meskipun bukan patokan mutlak, bengkel yang ramai biasanya memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari para pelanggannya. Ya, meskipun waktu tunggu jadi lebih lama karena banyaknya antrean, namun rasanya tak masalah jika hasil pengerjaan memuaskan, bukan?

2. Punya suku cadang yang lengkap
Tidak mesti besar, kadang bengkel kecil di pinggiran kota juga dapat jadi pilihan. Ketersediaan onderdil dan suku cadang itu penting, lho. Masa kita sudah bawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki atau mendapatkan perawatan, si empunya bengkel justru mencari onderdilnya ke toko lain? Sebelum memutuskan ‘merawat’ kesayanganmu, pastikan mereka punya suku cadang lengkap dan kita juga dapat memilih yang sesuai dengan budget.

3. Mekanik yang profesional
Kamu harus pastikan bengkel yang dituju memiliki mekanik yang profesional, semakin baik kinerjanya, tentunya pengetahuannya dalam perbaikan motor atau mobilmu juga cukup luas. Jangan lupa minta nomor kontaknya untuk hal-hal darurat.

4. Punya Standar Pelayanan
Memang tidak semua bengkel menerapkan hal ini, apalagi bengkel kecil. Namun kamu dapat melihat apakah cara kerjanya sesuai dengan prosedur dan kita selaku pengguna jasa dapat melihat secara langsung proses perbaikannya. Keterbukaan ini sangat membantu dapat menjalin kepercayaan antara bengkel dan pelanggan.

5. Jam operasional yang tetap dan mudah dihubungi
Pilih bengkel yang jam operasionalnya sesuai dengan aktivitas kita. Beberapa bengkel bahkan melayani perawatan hingga perbaikan pada hari libur atau tanggal merah. Namun juga harus bersabar, karena biasanya pada hari-hari tersebut akan banyak antrean. Ingin lebih cepat dilayani? Datang lebih awal, ya.

6. Harus punya catatan servis
Lagi-lagi hal sepele namun tak dapat diremehkan. Kamu dan pihak bengkel harus punya catatan servis terhadap kendaraan kesayanganmu. Sama seperti rekam medik, catatan tersebut diperlukan agar perawatan dapat disesuaikan dengan kondisi kendaraan. Jangan sampai salah perlakuan, bisa-bisa malah rusak.

7. Jangan takut mencoba bengkel online
Saat ini sejumlah bengkel juga sudah melayani perawatan secara online, seperti melalui aplikasi pelayanan pelanggan. Untuk perawatan rutin, tentu layanan ini dapat dimanfaatkan. Tinggal tunggu di rumah atau kantor, biarkan mekanik melakukan tugasnya dan kita pun tetap dapat beraktivitas dengan lancar. Mudah bukan?

Memilih Bengkel Online bagi sebagian orang memang tidak mudah, untuk itu jangan takut meminta saran dan cari informasi bengkel mana yang memberikan pelayanan prima agar kendaraan kesayangan kita tetap terawat dengan baik. Selamat mencoba!

1 comment: