Berita Terbaru di Tahun 2019

Sunday, August 4, 2019

Apa Saja Pantangan untuk Ibu Hamil Demi Mendapatkan Kehamilan yang Sehat dan Persalinan yang Lancar?



Kehamilan merupakan masa yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Di masa tersebut, ibu mengandung calon buah hati sehingga sangat perlu untuk berhati-hati dalam segala hal jika ingin janin dalam kandungan sehat begitu juga diri ibu sendiri. Menjaga kehamilan sendiri merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Bagi sebagian ibu yang sudah memiliki kekuatan dan daya tahan prima, kehamilan bahkan bisa menjadi hal yang tidak jauh berbeda dibandingkan ibu lain. Namun bagi ibu lainnya, berada di masa kehamilan bisa menjadi waktu yang luar biasa berbeda karena Anda akan menjadi lemah dan rentan dibandingkan sebelumnya.

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat bagaimana cara menjaga kehamilan dengan menjauhi pantangan-pantangan yang ada. Diantara mitos-mitos tersebut beberapa terdengar tidak masuk akal. Bagi Anda yang ingin menjaga kehamilan, lebih baik menjauhi pantangan-pantangan berikut ini yang sudah jelas memiliki hubungan negatif terhadap kehamilan dan persalinan. Berikut ini adalah pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil:

1. Merokok
Bagi orang biasa saja, merokok berarti memasukkan racun ke dalam tubuhnya. Merokok bahkan berbahaya bagi orang lain yang hanya ikut menghirup asap rokok, apalagi bagi janin yang dikandung oleh ibu perokok. Merokok dapat menyebabkan janin lahir cacat karena pertumbuhannya menjadi tidak sempurna. Selain itu nikotin yang ikut dinikmati janin akan menyebabkan ia memiliki berat badan yang rendah.

2. Alkohol
Sama seperti merokok, minum alkohol juga merupakan pantangan serius terhadap ibu hamil. Alkohol dapat meningkatkan kadar gula darah janin sehingga bayi yang Anda lahirkan dapat langsung memiliki diabetes.

3. Obat-obatan
Ibu hamil yang kerap sakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia. Beberapa dosis obat perlu disesuaikan dengan kondisi ibu, namun beberapa lainnya ,menjadi tidak boleh diberikan kepada ibu hamil.

4. Stress
Jauhi stress apalagi bagi ibu hamil. Stress memicu produksi hormon dan meningkatkan tekanan darah. Menetralisir stress dengan sering melakukan yoga agar tekanan darah terkontrol sebelum waktu persalinan.

5. Memakai sepatu hak tinggi
Wanita biasa saja jika terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi akan mengakibatkan rasa lelah dan sirkulasi darah yang tidak teratur. apalagi untuk ibu hamil yang sangat penting sekali untuk menjaga sistem peredaran darahnya. Selain itu hati-hati menggunakan hak tinggi karena beresiko terpeleset yang bisa fatal untuk kehamilan.

6. Olahraga ekstrim
Selama masa kehamilan sebaiknya ibu menghentikan terlebih dahulu melakukan olahraga ekstrim seperti menyelam, berselancar, balap sepeda, tenis dan sebagainya. Pilihlah olahraga yang minim memberikan perut guncangan karena akan memperbesar resiko keguguran dan cacat janin.

7. Paparan sinar X
Ibu hamil perlu mendapatkan persetujuan dokter kebidanan untuk melakukan berbagai upaya medis yang berhubungan dengan sinar X. Rontgen yang menggunakan paparan sinar X ini bisa mematikan sel yang sedang berkembang dalam janin.

8. Mewarnai rambut
Meski sepele, namun mewarnai rambut ternyata memiliki peluang untuk memasukkan bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh melalui pori-pori kepala. Karena itu sebaiknya menunggu hingga Anda melahirkan sebelum mewarnai rambut.

Selain pantangan di atas, masih banyak lagi pantangan yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Namun ibu tak perlu takut atau khawatir karena dengan dukungan keluarga dan mencari tahu mengenai kehamilan melalui buku ataupun pengalaman orang lain, niscaya ibu dapat melalui masa kehamilan dengan baik. Jangan lupa untuk selalu kontrol setiap bulan untuk mendapatkan arahan agar proses kehamilan sehat dan persalinan menjadi lancar.

0 comments:

Post a Comment