Berita Terbaru di Tahun 2019

Wednesday, October 16, 2019

Faktor Risiko Terbentuknya Batu Empedu dan Berbagai Penyebab nya



Salah satu gangguan pencernaan yang unum namun tidak sering disadari adalah penyakit batu empedu. Dikasus yang parah batu empedu bisa mengancam jiwa. Mengetahui apa penyebaba batu empedu bisa membantu Anda mengenali gejalanya, serta mencari perawatan dan pengobatannya yang tepat agar tidak semakin parah. 

Empedu adalah cairan yang diproduki oleh hati untuk merangsang usus meremas makanan dan memecah lemak dalam makanana yang kita makan. Setelah hati memproduksi empedu, cariran tersebut akan dialihkan ke kantung empedu untuk disimpan sementara. Kantung empedu berukuran sebesar buah pir dan terletak di bawah hati, sementara saluran empedu memeanjang dari hati ke usus. Empedu juga membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari tubuh. Hati mengeluarkan kolesterol ke dalam empedu yang kemudian dihilangkan dari tubuh melalui sistem pencernaan. Saat makanan sudah dicerna dari lamabung ke usus kecil, kantung empedu baru melepaskan empedu melewati saluran empedu. Dan disinilah carian empedu mulai aktif mengerjakan tugasnya, Batu berbentuk di empedu dari kelebihan cairan yang seharusnya dibuang malah menjadi menumpuk dan juga menggumpal, dan kahirnya mengeras seperti Kristal. Baru dapat terbentuk di kantung empedu atau dimana pun sepanjang salurannya sehingga pengaliran empedu baru tersembut. Ini bisa menghalangi kerja kantung empedu. 

Batu yang terbentuk di empedu dari kelebihan cairan yang seharusnya dibuang malah menjadi menumpuk, menggumpal dan mengeras seperti Kristal. Batu dapat berbentuk di kanting empedu atau dimana pun sepanjang salurannya sehingga pengaliran empedu baru tersumbat. Ini dapat menghalangi kerja kantung empedu. Gejala yang umum dirasakan antara lain adalah sakit di perut kanan atas yang bisa menjalar samapai tengah (bawah tulang dada). Selain itu, batu empedu juga bisa menjadi penyebaba Anda sering mual, muntah-muntah, serta nyeri punggunh di antara tulang bahu. 

Hal-hal yang menyebabkan terbentuknya batu empedu

Ada beberapa faktoryang bisa menjadi cikal bakal munculnya batu di dalam kantung empedu. Mulai dari usia hingaa kebiasaan dan pola makan hari-hari yang buruk. Mari menyimak ulasan laebih lanjut tentang faktor resiko penyebab batu empedu berikut ini, 

1. Pola Makan Yang Buruk 
Beberapa riset menyatakan bahwa asupan kalori berlebih dapat menjadi penyebab terbentuknya batu di empedu. Penelitian ini khususnya menemukan karbohidrat dari makanan olahanlah yang beresiko memicu pembentukan batu empedu. 

Kalori berlebih dapat menurunkan kadar kolesterol baik HDL dalam darah, sementara justru meningkatkan kadar trigliserida dan kadar gula darah puasa. Ketiga kondisis ini merupakan ciri-ciri kadar kolesterol total dalam tubuh meningkat. Kolesterol tinggi bisa membuat empedu kesulitan memproses kolesterol dalam jumlah yang banyak. Kantung empedu kemudian beresiko menyisakan kolesterol yang akan berubah menjadi batuan.

2. Kurang Beraktivitas Fisik 
Jarang atau tidak pernah berolahraga bisa menjadi penyebab dari batu empedu. Maka untuk mencegah batu empedu terbentuk. Anda wajib beraktivitas fisik, Teratur beraktivitas fisik dengan olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencegah obesitas, Seperti yang diketahui, obesitas erat hubungannya sebagai faktor penyebab batu empedu.

3. Usia 
Usia yang tidak lagi muda adalah salah satu faktor penyebab mengapa batu empediu lebih seiring dialami oleh orang tua atau lansia. Menurutt sebuah penelitia, batu empedu 10 kali sering ditemukan pada orang tua, Semakin tua usia semakin bertambah tua pula, aktivitas kolesterol 7a hidroksilase yang berfungsi memproses asal dalam empedu akan melambat.




1 comment: