Berita Terkini

Saturday, December 7, 2019

Berencana Memiliki Asuransi? Kenali 4 Jenis Asuransi Kesehatan ini



 

Kita semua pasti mengenal yang namanya produk asuransi kesehatan. Jenis asuransi ini ditujukan untuk menanggung kesehatan seseorang yang tertanggung dalam polis asuransi. Sehingga uang pertanggungan akan diberikan jika tertanggung mengalami sesuatu yang mengurangi atau bahkan membahayakan kesehatannya. Biasanya digunakan untuk biaya perawatan rumah sakit dan obat. Tentu saja jenis asuransi ini memiliki banyak pembeli. 

Mengapa asuransi kesehatan menjadi pilihan bagi banyak orang? Hal ini dikarenakan risiko terhadap gangguan kesehatan dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Maka dari itu, banyak yang menggunakan asuransi kesehatan sebagai pilihan untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan yang mungkin datang dan membutuhkan biaya perawatan. 

Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan 

Lalu apa saja jenis asuransi kesehatannya ? Yuk cermati ulasan berikut. 

1. Pihak pengelola dana 
Jenis asuransi jika dilihat berdasarkan pihak yang mengelola dana, maka terdiri dari dua jenis yaitu asuransi swasta dan asuransi kesehatan pemerintah. Tentu saja produk dan sistem yang diterapkan sedikit berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

2. UP atau Uang Pertanggungan 
Ada banyak jenis asuransi kesehatan berdasarkan uang pertanggungan yang diberikan kepada pembeli jasa. Ada yang memberikan pembiayaan secara penuh atas semua jenis perawatan yang dilakukan. Namun ada juga yang memberikan pembiayaan atas sebagian biaya perawatan. Tanyakan terlebih dahulu mekanisme pembiayaan yang diberikan oleh penyedia jasa asuransi ya. 

3. Metode Pembayaran 
Jenis asuransi kesehatan kini ada dua jenis jika dilihat dari metode pembayarannya. Ada produk asuransi kesehatan sistem cashless dan yang konvensional yaitu sistem reimbursement

Jika sistem cashless, peserta tinggal menggunakan kartu asuransi untuk melakukan pembayaran biaya perawatan. Sedangkan asuransi kesehatan reimbursement, mengharuskan peserta asuransi untuk membayar terlebih dahulu baru kemudian pihak asuransi akan memberikan dana untuk mengganti pembiayaan yang dilakukan. 

4. Pihak yang Tertanggung 
Jika Anda memilih sebuah asuransi, maka akan dihadapkan kepada dua pilihan yaitu asuransi personal dan asuransi kelompok. Asuransi personal hanya ditujukan untuk satu orang. Sedangkan asuransi kelompok ditujukan untuk banyak orang. Misalnya asuransi keluarga. 

Demikian beberapa jenis asuransi dilihat dari penggolongannya. Sebaiknya Anda menanyakan dengan detail sebelum memutuskan produk asuransi kesehatan yang Anda pilih. Jangan lupa untuk memperhatikan premi dan jangka waktu asuransi ya.  

0 comments:

Post a Comment