Berita Terkini

Friday, February 21, 2020

5 Destinasi Wisata Alam Banjarmasin yang Harus Masuk Itinerary Liburan


Sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, otomatis Banjarmasin menjadi pusat pemerintahan, perekonomian, dan perdagangan. Salah satu penggerak roda ekonomi Banjarmasin adalah sektor pariwisata. Julukan ‘Kota Seribu Sungai’ menunjukkan kota ini punya potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Data mencatat ada sekitar 60 sungai mengalir di wilayah Banjarmasin, seperti Sungai Barito, Sungai Martapura, dan Sungai Kuin. Aliran sungai itu menghadirkan bentang alam yang unik di sekitar kota. Namun, Banjarmasin juga punya pesona wisata alam lain yang sama indahnya.

Sebagai referensi Anda, inilah 5 destinasi wisata alam memukau yang harus masuk itinerary liburan di Banjarmasin.

Pulau Kembang

Pulau Kembang (sumber : google.com/maps)

Dalam perjalanan menuju pasar apung, Anda akan menjumpai sebuah delta atau daratan menyerupai pulau di tengah Sungai Barito. Warga lokal menyebutnya Pulau Kembang. Pulau yang masih alami ini adalah habitat kawanan monyet ekor panjang dan bekantan.

Hutan bakau menjadi ciri lain Pulau Kembang. Anda bisa mampir dan menyusuri jalur yang terbuat dari papan kayu untuk berinteraksi dengan kawanan monyet. Sambil jalan kaki menghirup udara segar, berfoto di beberapa titik Pulau Kembang akan memberi Anda foto yang cantik dan instagramable.

Pasar Apung Muara Kuin
Ke Banjarmasin belum lengkap jika tidak mampir ke Pasar Apung Muara Kuin. Mulai beroperasi sekitar pukul 05.00, Anda bisa menumpang perahu klotok untuk merasakan sensasi berbelanja di tengah sungai. Tentu ini menjadi pengalaman unik yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Di Pasar Apung Muara Kuin yang berlokasi di daerah Banjarmasin Barat, Anda bisa berbelanja sayur mayur dan buah-buahan segar, hingga aneka makanan khas Banjar. Kapan lagi bisa sarapan di atas perahu sambil mengamati keseharian warga di sekitar Sungai Barito?

Taman Satwa Jahri Saleh
Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak. Tepatnya berada di Jalan Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. Taman Satwa Jahri Saleh menggabungkan wisata alam dan edukasi untuk destinasi liburan akhir pekan keluarga.

Banyak pepohonan yang tumbuh membuat suasana taman terasa teduh dan sejuk. Anda bisa bersantai sambil mengenalkan aneka satwa pada anak, seperti ayam hias, merpati, buaya, rusa, dan monyet.

Pantai Angsana
Mencari pantai di sekitar Banjarmasin? Mampir saja ke Pantai Angsana di daerah Tanah Bumbu. Meski agak keluar kota, pantai ini cukup layak untuk dikunjungi. Pantai Angsana memiliki pasir putih dengan deburan ombak relatif tenang. Air laut jernih membuat pantai ini mempunyai beberapa titik penyelaman.

Terumbu karang di kawasan perairan Pantai Angsana tidak jauh dari tepi pantai, sehingga mudah dijangkau dengan snorkeling maupun menyelam. Selain itu, Anda juga dapat bermain banana boat dan jetski. Namun, bersantai menikmati senja selalu jadi pilihan terbaik untuk mengakhiri hari di Pantai Angsana.

Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari (sumber : google.com/maps)

Berjarak sekitar 2 jam dari Banjarmasin, Anda dapat berkunjung ke Bukit Rimpi di Pelaihari, Tanah Laut. Perbukitan di sini menghijau bak padang sabana dengan gundukan menjulang seperti yang sering Anda lihat di film Teletubbies.

Sesekali Anda juga bisa menjumpai gerombolan hewan ternak yang merumput di sekitar bukit ini. Waktu tepat untuk datang ke Bukit Rimpi adalah waktu subuh. Warga setempat percaya, Bukit Rimpi merupakan spot terindah untuk menikmati pemandangan matahari terbit. 

Sudah terbayang keindahan bentang alam Banjarmasin? Segera kemas koper Anda dan pesan hotel di Banjarmasin melalui aplikasi Airy. Tersedia berbagai pilihan akomodasi murah sesuai bujet, tetapi dengan jaminan kenyamanan terbaik.

Setiap kamar hotel sudah dilengkapi oleh pendingin ruangan, tempat tidur bersih, kamar mandi dengan air panas, perlengkapan mandi, televisi, akses WiFi gratis, dan air minum gratis. Anda bisa selonjoran dan tidur lelap usai berpetualang menyusuri kemolekan alam Banjarmasin.

Transaksi aman dan cepat melalui aplikasi atau web membuktikan bahwa memesan kamar di Airy bebas penipuan. Ketika menemui kendala terkait pemesanan, layanan customer care 24 jam sigap membantu Anda kapan saja.

Ayo, jelajahi alam Banjarmasin sekarang bersama Airy!

0 comments:

Post a Comment