Berita Terkini

Monday, May 4, 2020

Alasan Perusahaan Wajib Memiliki Struktur Organisasi yang Jelas



Anda pasti bisa membayangkan bahwa perusahaan yang tidak memiliki struktur organisasi akan mengalami gangguan dalam mengembangkan bisnis. Ya, perusahaan skala kecil saja wajib memiliki struktur organisasi sederhana yang bisa membantu pimpinan dalam mengendalikan dan mengawasi bawahan. Begitu pula dengan struktur organisasi Mayora yang lebih lengkap guna memantau kinerja para karyawan sesuai divisi masing-masing.

Kenapa bisnis atau usaha wajib memiliki struktur organisasi yang baik? Berikut beberapa alasan yang menjadi dasar struktur organisasi begitu penting dalam perusahaan antara lain:

1. Tanggung jawab yang lebih jelas
Tumpang tindih tugas atau wewenang bisa menjadi masalah pada perusahaan yang ingin berkembang lebih besar. Oleh sebab itu, keberadaan struktur organisasi bisa memberikan kejelasan tanggung jawab masing-masing. Pemimpin akan memantau setiap tugas yang diberikan kepada setiap divisi sesuai dengan fungsi masing-masing.

2. Memudahkan koordinasi dan komunikasi antar tim 
Struktur organisasi Mayora lebih lengkap untuk memperjelas alur komunikasi setiap divisi. Setiap bagian dalam perusahaan memiliki keterkaitan sebagai acuan kebijakan masing-masing divisi.

Dengan adanya struktur organisasi yang jelas, maka koordinasi tepat bisa membantu mencegah terjadinya miskomunikasi. Jangan sampai pengambilan kebijakan menjadi keliru karena kurang komunikasi setiap divisi bagian.

3. Jalur hubungan lebih jelas dan efisien
Struktur organisasi perusahaan akan membantu kejelasan dalam jalur hubungan sehingga setiap anggota bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang benar. Proses pekerjaan bisa menjadi lebih efisien dan bisa memberikan keuntungan pada perusahaan. Bukankah tujuan kinerja semua bagian untuk mencapai goals perusahaan? Keuntungan atau profit perusahaan yang besar bisa berdampak positif bagi seluruh karyawan, bukan?

4. Menjalankan sistem pengendalian dan pengawasan yang baik
Struktur organisasi bisa memberikan manfaat bagi pimpinan dalam melakukan pengendalian dan pengawasan pada bawahan. Tujuan bisnis bisa tercapai dengan adanya kinerja bagus para karyawan sesuai dengan tugas masing-masing.

Beberapa alasan penting mengapa perusahaan atau bisnis wajib memiliki struktur organisasi di atas bisa menjadi referensi untuk Anda. Struktur organisasi Mayora yang jelas dari pimpinan, staf direksi, manajer bagian, dan lain-lain menjadi pondasi kuat mengembangkan perusahaan semakin besar. Setiap komponen bisa menjalankan fungsi dan tugas masing-masing guna meningkatkan kemajuan perusahaan bersama.

0 comments:

Post a Comment