Berita Terkini

Thursday, June 25, 2020

Pemuda Wajib Tahu, Ini Manfaat Investasi Sejak Dini



Investasi Indonesia - Investasi bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi setiap orang. Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan atau aset dengan nilai yang tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari.

Maka dari itu, banyak yang beranggapan kalo investasi hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah bekerja dan berpenghasilan tinggi saja,  padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Di eranya para milenial ini investasi sekarang sudah bisa dilakukan sejak dini bahkan dengan modal yang terbilang mudah.

Investasi dapat digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan jangka waktunya. Penggolongan tersebut membuat investasi dibedakan menjadi investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi jangka pendek memungkinkan investor mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu satu tahun hingga tiga tahun. Dengan begitu, investor bisa memperoleh keuntungan dengan lebih cepat. Meskipun begitu, investasi jangka pendek memberikan return yang lebih kecil.

Selain investasi jangka pendek ada juga investasi jangka panjang. Seperti namanya investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang lebih lama agar investor bisa menikmati hasilnya. Investor bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tiga tahun, lima tahun, atau belasan hingga puluhan waktu yang akan datang.

Meskipun lebih lama, investasi jangka panjang memberikan return yang lebih tinggi. Tentunya investor bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang dengan melakukan menginvestasikan pada instrumen investasi jangka panjang.

Investasi saham adalah salah satu instrumen investasi jangka panjang yang bisa dicoba. Namuan sayangnya banyak orang takut untuk melakukan investasi saham karena tersebarnya mitos tentang saham. Selain saham, ada juga investasi jangka panjang dengan instumen lain semisal logam mulia seperti investasi emas batangan.

Berinvestasi sejak dini mempunyai banyak manfaat, diantaranya :

1. Menyiapkan Masa Depan yang Cerah
Memasuki usia senja, meskipun keinginan untuk bekerja masih ada dan ingin terpenuhi, tapi fisik sudah tidak mampu memenuhi lagi. Di usia senja otomatis penghasilan yang didapat pun akan berkurang dibandingkan dengan masa-masa usia produktif. Maka berinvestasi sejak muda merupakan cara untuk membantu mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. Investasi yang direncanakan dan dimulai sejak sekarang tentunya akan membantu mencukupi kebutuhan di kemudian hari.

2. Merdeka dalam Hal Keuangan
Merdeka identik dengan kebebasan. Merdeka secara finansial berarti bebas dalam hal keuangan. Dikatakan bebas karena dapat menghidupi kebutuhan sehari-hari dengan kekayaan yang telah dimiliki tanpa harus bekerja keras. Aset yang dimiliki jika diinvestasikan bisa mendatangkan uang yang dapat mengisi pundi-pundi rekening semakin banyak. Dari keuntungan inilah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tanpa perlu merasa khawatir dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

3. Nilai Aset dan Kekayaan akan Semakin Meningkat
Investasi secara otomatis dapat meningkatkan nilai aset serta kekayaan yang dimiliki. Aset yang dimaksud disini tidak terbatas pada gedung ataupun properti lainnya, tetapi uang yang dimiliki atau tersimpan sebagai dana investasi juga dapat digolongkan sebagai aset. Aset berupa ini jika disisihkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakin banyak. Berkembangnya aset tentunya berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.

4. Terhindar dari Inflasi
Inflasi dapat dikatakan hal yang wajar terjadi pada setiap negara. Setiap negara pasti mengalami inflasi meskipun dengan tingkatan yang berbeda. Indonesia sendiri dapat dikatakan sebagai negara dengan tingkat inflasi yang cukup tinggi. Inflasi hampir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian, terutama dalam hal jual beli, karena dapat melemahkan daya beli masyarakat. Untuk itu, investasi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk terhindar dari inflasi.

0 comments:

Post a Comment