Berita Terkini

Thursday, September 10, 2020

Ini Dia Jenis Lampu LED Mobil yang Sering Digunakan di Indonesia



Modifikasi mobil selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi para pemilik hobi otomotif. Tak perlu melakukan modifikasi dalam skala besar, Anda bisa melakukan hobi dengan mengganti lampu lama yang masih memakai lampu halogen dengan lampu modern menggunakan teknologi LED. Lampu LED sekarang ini memang menjadi trend di kalangan pengguna kendaraan bukan hanya mobil namun juga kendaraan roda dua. Sinarnya putih terang dinilai lebih modern dibandingkan sinar lampu halogen yang berwarna kekuningan. Jika mobil Anda masih menggunakan lampu halogen biasa, sudah saatnya berganti ke penggunaan bohlam lampu led mobil yang juga dapat menghemat kebutuhan bahan bakar. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui apa saja jenis lampu led sehingga dapat melakukan modifikasi sendiri dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa jenis lampu led yang sering dipakai di Indonesia:

1. Lampu T10
Merupakan lampu dengan soket universal 10mm yang bisa digunakan untuk mobil ataupun motor. Anda bisa membeli lampu ini dan menggunakannya untuk jenis lampu sein, lampu plat nomor, lampu senja, lampu dashboard hingga lampu bagasi. Jenis lampu LED ini memiliki beberapa pilihan dari 1 mata hingga 21 mata yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

2. Lampu plafon
Lampu plafon atau lampu kabin dengan tenaga led umumnya memakai jenis lampu SMD atau Surface Mounth Device. Jenis lampu ini memiliki pencahayaan yang cukup terang untuk diaplikasikan pada kabin. Dengan warna putih, penumpang akan lebih nyaman menggunakannya untuk membaca atau sekedar mencari barang bawaan di dalam mobil.

3. Angel eyes
Seperti namanya, lampu led mobil ini memiliki bentuk seperti mata malaikat yang terang dan berwarna-warni. Agar tampak seperti mata, lampu ini dipasang mengitari lampu utama atau lampu lainnya. lampu angel eyes terdiri dari beberapa titik led yang sejajar menjadi satu kesatuan.

4. Lampu sorot
Meski masih pro kontra namun pada kenyataannya masih banyak pemilik kendaraan yang menggunakan lampu sorot ini. Lampu sorot LED memiliki bentuk seperti teropong dengan penggunaan di bagian luar mobil. Dibalut dengan casing anti air seperti alumunium yang juga bermanfaat untuk mendinginkan lampu.

5. Lampu fleksibel
Seperti gulungan kabel, lampu fleksibel dapat dipasang dimana saja di dalam area mobil. Biasa digunakan sebagai pengganti lampu kabin terutama untuk mobil yang memiliki dimensi panjang. Jenis lampu ini juga kerap dipakai untuk kebutuhan penerangan kabin bus.

6. Lampu strobo
Lampu strobo digunakan untuk polisi, ambulance dan pelayanan darurat lainnya. Dahulu lampu jenis ini lebih banyak menggunakan lampu xenon namun karena lampu led dinilai lebih hemat energi, penggunaannya kini lebih diperhitungkan.

7. Lampu strip
Berbentuk seperti penggaris memanjang yang kaku, lampu ini biasa dipakai untuk aksesoris samping mobil atau di dashboard belakang.

Selain berbagai jenis lampu led mobil di atas, tentu ada juga lampu utama dari tenaga led yang bisa mengubah tampilan mobil Anda menjadi lebih modern. Untuk jenis lampu led sebagai lampu utama, Anda dapat menyesuaikannya dengan soket yang sudah tersedia di bawaan mobil. Selain lebih hemat energi, harga lampu led juga lebih ekonomis sehingga Anda dapat melakukan modifikasi besar-besaran tanpa menguras kantong. Akan tetapi sebelum itu, ada baiknya Anda juga melakukan survey mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan lampu led sehingga dapat mengetahui dan mempersiapkan diri sebelum mengganti lampu bawaan. Setelah Anda mengetahui jenis lampu yang dibutuhkan, segera belanja kebutuhannya secara online hanya di Rumah Modifikasi, toko online yang menyediakan berbagai aksesoris kendaraan.

0 comments:

Post a Comment