Berita Terkini

Sunday, February 21, 2021

Jangan Terus Dibiarkan, Gejala Asam Lambung Ternyata Bisa Berbahaya



Pada dasarnya asam lambung memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pencernaan manusia, tak lain untuk membantu dalam proses mencerna makanan dalam tubuh. Hanya saja jika jumlah yang diproduksi terlalu banyak, tentunya akan memicu beragam masalah kesehatan yang baru. kondisi semacam ini dikenal juga sebagai penyakit asam lambung. Banyak orang yang kerap kali tidak menyadari bahwa kadar atau jumlah asam lambung mereka berlebihan. Karena sudah terlalu sering mengalami hal tersebut. Padahal semakin sering terjadi resiko penyakit yang bisa saja diderita juga begitu banyak.
 
Kondisi meningkatnya asam lambung ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari pola makan yang salah. Orang-orang yang suka mengonsumsi makanan pedas dan juga asam biasanya rentan mengalami hal semacam ini. Begitu pula dengan mereka yang memiliki kebiasaan merokok sampai dengan konsumsi alkohol. Kondisi tersebut nyatanya juga akan memperparah penyakit asam lambung yang diderita. Jangan diremehkan karena dapat mengancam jiwa.
 
Adapun berikut ini diantaranya gejala gangguan asam lambung yang wajib untuk Anda kenali, sehingga nantinya tidak akan telat dalam melakukan pengobatan, yaitu:
 
  1. Nyeri dada, gejala yang pertama adalah rasa nyeri pada bagian dada yang menyebabkan rasa panas. Biasanya hal ini terjadi setelah mengonsumsi makanan ataupun minuman dengan kafein yang tinggi. Gejala inilah yang juga sering disalah artikan sebagai penyakit jantung, padahal keduanya jelas-jelas berbeda.
  2. Sensasi panas dan juga terbakar pada area kerongkongan.
  3. Mulut menjadi terasa asam.
  4. Menjadi lebih cepat kenyang, meskipun hanya mengonsumsi sedikit makanan.
  5. Cepat bersendawa.
  6. Mual hingga muntah.
  7. Bau mulut.
  8. Batuk yang tidak berdahak.

Itulah beberapa gejala dari penyakit asam lambung yang agaknya memang wajib untuk Anda waspadai. Jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu panjang, nyatanya juga beresiko untuk menyebabkan beberapa hal berikut ini, yaitu:
 
  1. Nyeri pada ulu hati, jika Anda merasakan nyeri di bagian ulu hati dan juga kerongkongan menjadi panas. Hal ini menandakan bahwa asam lambung ini sebenarnya sudah terlalu tinggi, hingga naik ke bagian perut atas. Hal tersebut juga bisa menandakan adanya penyakit tukak lambung.
  2. GERD, dikenal juga sebagai penyakit asam lambung, ini merupakan masalah pencernaan yang sudah kronis. Hal tersebut akan membuat asam lambung naik dan juga mengiritasi bagian kerongkongan.
  3. Kerusakan gigi, cairan asam tersebut nyatanya juga keluar hingga mulut, menyebabkan mulut menjadi asam sehingga gigi juga menjadi keropos. Bagi orang yang jarang melakukan pemeriksaan gigi. Umumnya mereka tidak menyadari bahwa giginya sudah rusak hingga bagian dalam.
  4. Radang pada kerongkongan, GERD dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan. Sehingga memicu terjadinya peradangan pada kerongkongan atau istilah lainnya adalah esofagitis.
  5. Esofagus barret, jika kondisi tersebut berlangsung lama sampai bertahun-tahun, maka sangat mungkin menyebabkan terjadinya penyakit kanker esofagus. Mengingat ada perubahan atau mutasi sel pada esofagus tersebut, sehingga sel-sel yang bermutasi ini berubah menyerang sel yang sehat.

Jangan disepelekan jika tak ingin hal tersebut sampai menimpa Anda. Ketika sudah mulai merasakan gejala asam lambung, maka ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan. Datang ke dokter, nantinya dokter akan meresepkan obat untuk Anda konsumsi agar cepat sembuh. Selain dengan obat medis sebenarnya ada juga alternatif obat-obatan alami yang bisa Anda gunakan.

0 comments:

Post a Comment