Berita Terkini

Tuesday, March 2, 2021

7 Hal yang Mampu Memicu Terjadinya Vertigo



Setiap kondisi penyakit yang muncul pada tubuh seseorang pasti disebabkan suatu pemicu. Begitu juga dengan kondisi pusing berputar atau vertigo. Kondisi ini bisa ditemukan pada siapa saja dari berbagai jenjang usia. Penyakit yang bisa menyerang sewaktu-waktu ini memiliki beberapa faktor pemicu yang sebaiknya diwaspadai.

Pemicu Pusing Berputar

Penyakit yang satu ini ditandai dengan adanya nyeri kepala atau pusing yang memutar. Artinya penderita akan merasakan sekelilingnya berputar dan bisa juga disertai dengan mual muntah. Berikut adalah 7 hal yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit ini.

1. Konsumsi Kafein
Bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kafein atau bahkan sudah kecanduan, maka harus berhati-hati. Kafein ternyata bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya dengung pada organ telinga. Kondisi ini kemudian akan meningkatkan keparahan dari gejala penyakit vertigo ini.

Tidak hanya kopi, minuman teh juga memiliki kandungan kafein. Sebaiknya konsumsi dalam batas wajar saja demi menjaga kesehatan.

2. Konsumsi Makanan Asin
Terlalu banyak garam yang masuk ke tubuh juga wajib diwaspadai. Konsumsi makanan asin harus dibatasi karena jika berlebihan bisa menyebabkan garam menumpuk di alirah darah. Akibatnya pembuluh darah jadi lebih sempit lalu tekanannya meningkat. Aliran darah menuju otak akhirnya terhambat dan memicu terjadinya rasa sakit kepala yang hebat.

3. Gerakan Mendadak saat Bangun Tidur
Perhatikan kebiasaan Anda saat bangun tidur. Apakah Anda langsung bangkit dan bergerak mendadak atau secara perlahan? Gerakan mendadak saat bangun tidur ternyata bisa memicu terjadinya sakit kepala.

Saat tiba-tiba bergerak dari posisi tidur, maka otot-otot tangan maupun kaki jadi tegang. Kondisi ini menyebabkan aliran darah ke otak juga akan terganggu hingga kemudian muncul rasa sakit kepala. 
Melakukan peregangan ringan terlebih dahulu saat bangun tidur juga sangat dianjurkan. Lemaskan otot-otot dan bangunlah secara perlahan-lahan. Ambil beberapa menit untuk bersiap mengambil posisi bangun dari tidur Anda.

4. Kebiasaan Merokok
Sepertinya kita semua setuju kalau merokok merupakan jenis aktivitas yang harus segera disudahi. Merokok tak hanya merusak paru-paru dan memicu penyakit mematikan seperti kanker. Kebiasaan ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit kepala. Rokok bisa membuat tekanan darah jadi meningkat dan aliran oksigen untuk otak jadi terhambat sehingga muncul rasa pusing.

5. Konsumsi Alkohol
Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga jelas tidak baik bagi tubuh. Alkohol akan memicu terjadinya dehidrasi yang kemudian bisa membahayakan kondisi otak. Pada orang yang telah mengalami vertigo, maka konsumsi alkohol ini bisa membuat rasa sakit kepala yang menyerang jadi semakin parah.

6. Konsumsi Gula Berlebih
Tidak hanya garam, gula yang berlebih di dalam tubuh disebut-sebut juga menjadi penyebab munculnya rasa nyeri kepala. Penting sekali untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi gula dalam batas wajar. Apalagi jika Anda memiliki riwayat diabetes. Mulai mengurangi konsumsi makanan maupun minuman berkadar gula tinggi akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

7. Stres
Kenyamanan pikiran benar-benar sangat berpengaruh pada status kesehatan jasmani seseorang. Tekanan atau stres ternyata punya peluang besar untuk memicu terjadinya rasa sakit kepala. Lakukan aktivitas yang bisa mengurangi risiko stres pada diri Anda. Misalnya dengan melakukan hobi, pergi jalan-jalan, makan makanan favorit, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Itulah tadi 7 hal yang bisa memicu terjadinya vertigo. Informasi lebih lengkap mengenai penyakit ini bisa Anda dapatkan di layanan Halodoc. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dan menghindari faktor-faktor pemicu yang sudah dibahas di sini. 

0 comments:

Post a Comment